Cara Merakit Komputer Dengan Benar

Langkah-langkah merakit komputer - Cara merakit komputer sudah banyak tersebar terutama di dunia internet namun cara-cara tersebut kurang lengkap. Di artikel ini tinisari.blogspot.com akan membuat selengkap-lengkapnya.
Sebelum merakit, Anda harus mempersiapkan hardware-nya terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut :

+ Processor
+ Motherboard
+ RAM
+ Power Supply
+ Harddisk
+ Video Card
+ Optical Disk Drive
+ Casing

Langkah Demi Langkah Dalam Cara Merakit Komputer

Siapkan Motherboard
Siapkanlah motherboard yang akan anda gunakan, lalu buka pengunci socket prosesornya dengan perlahan. Lihat petunjuk di buku yang ada bersama motherboard di dalam kardus yang anda beli.

Prosesor
Posisikan tanda segitiga di sudut prosesor, ke tanda segitiga socket prosesor di motherboard. Kalau pasangnya benar artinya prosesor tidak bisa digerakkan ke kanan ataupun ke kiri. Setelah pemasangan prosesor dengan benar ke motherboard, kuncilah prosesor dengan cara tekan tuas ke bawah kemudian kaitkan dengan pengunci yang ada.

Kipas Pendingin Prosesor
Pasanglah heatsink (kipas pendingin prosesor) tepat di atas posisi prosesor lalu kunci / kuatkan kipas pendingin tersebut ke motherboard dengan sekrup / mur yang bentuknya khusus untuk pendingin prosesor tersebut. Jika kita menggunakan 4 buah pengunci di 4 titik sekitar pendingin, maka gunakanlah semua kunci tersebut tekan terlebih dahulu kemudian putar kekanan. Setelah dirasa sudah selesai menguncinya, cek dengan cara angkat kipas pendingin prosesor itu, jika kipas itu masih bisa terlepas dari motherboard artinya pemasangan anda belum benar.

Selanjutnya Pasang RAM
Buka dahulu pengunci RAM yang ada di motherboard, dengan cara lepaskan pengunci tersebut ke arah samping bagian luar, kemudian masukan RAM ke dalam slot memori dengan cara tekanlah cukup kuat secara hati-hati, lalu pasanglah pengunci RAM itu kembali, jika penguncian itu terdengar bunyi klik maka anda memasangnya sudah benar.

Casing
Buka bagian samping casing dengan cara buka sekrupnya, cek casing apakah kuat untuk menopang elemen hardware. Kemudian posisikan casing dalam keadaan tidur lalu pasang motherboard tepat berada di dudukan posisi casing dalam keadaan tidur (cari dimana lubang yang cocok untuk pemasangan motherboard). Selanjutnya pasang seluruh mur atau sekrup motherboard ke casing. Jangan lupa cek apakah pemasangan sudah benar atau kuat, caranya angkat motherboard tersebut jika terlepas dari casing artinya anda memasangnya belum benar.

Pemasangan Harddisk
Carilah sekrup / mur yang cocok untuk harddisk, kemudian pasanglah sekrup tersebut secara benar. Untuk kabel-kabelnya nanti saja setelah semua komponen terpasang.

Selanjutnya pemasangan Optical Drive
Copot panel drive yang ada di bagian depan casing (biasanya ada di bagian bawah) lalu tempatkanlah Optical Drive itu dengan benar, kunci dengan sekrup agar tidak bergerak.

Pada langkah yang terakhir adalah Anda harus memasang kabel-kabel penghubung ke motherboard, untuk menghubungkan kabel-kabel tersebut sesuaikan saja mana yang cocok, jika tidak cocok berarti kabel tersebut bukan di colok kesitu, cari lagi mana yang kira-kira cocok. Tapi ada kabel yang paling membingungkan bentuknya itu kecil-kecil dan tidak ada petunjuk pasangnya disebelah mana, kabel itu memiliki ciri yaitu ada tulisannya seperti HDD LED, POWER LED, SW, dan POWER SW. Karena kabel ini sulit harus di colok ke mana karena tidak ada buku petunjuknya, maka saya akan menjelaskannya.

Ini dia susunan cara memasang Kabel Front Panel (nama kabel-kabel tersebut disebutnya Front Panel) :

kabel kabel power led, reset sw, power sw, hdd led

cara pasang kabel power led, reset sw, power sw, hdd led

Nomor 1-3 Kabel untuk HDD LED
Nomor 2-4 Kabel untuk POWER LED
Nomor 5-7 Kabel untuk RESET SW
Nomor 6-8 Kabel untuk POWER SW
Nomor 9 biarkan kosong.

Cari nomor 1 sampai 9 itu di motherboard anda jika sudah ketemu silahkan di colok sesuai dengan petunjuk diatas.

Oh iya, ada yang hampir lupa tentang kabel positif dan negatif berikut ini cara meletakannya 1-3 positif-negatif, 2-4 positif-negatif, 5-7 negatif-positif, dan 6-8 positif-negatif. Jika kabel yang kecil-kecil itu tidak ada tanda positif dan negatifnya, caranya lihat saja warnanya. Kabel negatif biasa warnanya hitam atau putih. Tapi kalau kabel hitam dan putih itu menyatu maka yang putih itu yang negatif. Dan kalau tidak ada kabel yang warnanya hitam atau putih maka biasanya warnanya merah sebagai kabel positif.

Setelah anda selesai dari merakit komputer selanjutnya anda tes komputer itu apakah cara merakit komputer anda sudah benar atau belum? nyalakan komputernya.