Situs Belanja Online

1. OLX

Kalau kalian mencari sebuah situs yang isinya cuma para pedagang, OLX tempatnya. Sebastian Arnold Egg dan Remco Lupker membuat situs ini pada tahun 2003 yang lalu. Lamanya sampai seperti itu, mereka banyak sekali mendapat kucuran dana dari MIH dan sangat gencar memperkenalkan OLX yang sebelumnya bernama TokoBagus di berbagai macam media yang ada di negara Indonesia.

Di bulan April pada tahun yang lalu, MIH tutup salah satu bisnis internetnya yaitu Multiply. Hal itu dilakukan MIH agar fokus pada bisnis internetnya yang lebih menggiurkan termasuk OLX. Dan pada bulan Desember, tim OLX pertama kalinya mempublikasikan data situs mereka yang membuat orang tercengang, mereka OLX punya lebih dari 1 miliar pageview pada bulan Juli di tahun yang lalu.

Alexa Rank: 13 di negara Indonesia.

2. Berniaga

Berniaga sebuah situs yang mau menantang kepopuleran OLX di kancah iklan baris yang ada di negara Indonesia. Situs ini juga sangat gencar dalam hal promosi, karena bantuan dari perusahaan induknya, yaitu 701Search.

Ranking Alexa: 24 di negara Indonesia.

3. Kaskus

Kaskus pada awalnya ialah sebuah tempat diskusi online. Seiring perkembangan situs ini lalu menambahkan forum jual beli yang akhirnya menjadi salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia. Para anggotanya boleh membuat banyak artikel di website tersebut, juga pastinya jual dan beli barang di sana.

Pada bulan Desember, Kaskus mempunyai CEO yang baru, bernama Sukan Makmuri,  sebelumnya Sukan Makmuri pernah menjabat sebagai VP di divisi teknologi internet banking di Bank of America. CEO Kaskus yang baru ini menggantikan posisi dari Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata. Website Kaskus pada saat ini mempunyai 41 juta member dan 599 juta pageview pada setiap bulannya.

Alexa Rank: nomor 7 di negara Indonesia.

Situs B2C

1. Bhinneka

Bhinneka ialah pelaku bisnis internet yang pertama kali muncul di negara Indonesia, menjual gadget adalah barang dagangan utamanya. Situs ini sudah lama bertahan sampai lebih dari 14 tahun dan pada sekarang ini mereka memasukkan kategori barang-barang lain seperti mainan dan peralatan musik.

Pada bulan Februari, Bhinneka pamer pageviews yang memiliki angka rata-rata yaitu 21 juta pageview setiap bulannya di tahun 2013 dan mendapat pendapatan sebesar Rp 600 miliar di tahun itu juga, 70% asalnya dari toko belanja online-nya. Bhinneka kini sudah memiliki 499 lebih karyawan dan mempunyai 6 toko fisik di ibu kota Jakarta.

Alexa Rank: 65 di negara Indonesia.

2. Lazada

Lazada di motori oleh Rocket Internet, hanya dalam waktu 2 tahun, situs ini sudah bisa berkembang dan menjadi pelaku bisnis internet B2C terbesar di negara Indonesia. Pendanaan yang tidak pernah habis adalah salah satu faktor dari perkembangannya Lazada yang luar biasa tersebut.

Pada sebuah ajang belanja internet nasional yang di delenggarakan pada bulan Desember tahun yang lalu, Lazada Indonesia pamer bahwa mereka telah menerima ribuan pesanan per jamnya. Lazada Indonesia kini mempunyai 299 lebih orang yang menjadi pekerjanya di negara Indonesia dan ada niat untuk menguasai tren yang besar berikutnya yaitu penjual pihak ketiga dan mobile commerce.

Alexa Rank: 31 di negara Indonesia.

3. Zalora

Situa bisnis online ini usianya sama dengan Lazada, situs ini sama juga di danai oleh Rocket Internet yang sangat mempunyai banyak uang itu. Zalora juga sama tidak pernah mengungkapkan data situsnya.

Pada bulan September yang lalu, DailySocial mengutip dari Hadi Wenas yang pada saat itu memangku jabatan sebagai managing director di Zalora Indonesia, ia mengatakan bahwa Zalora di Indonesia sudah menjadi pusat dengan pendapatan yang terbesar di antara cabang-cabang Zalora lainnya di Asia.

Alexa Rank: 126 di negara Indonesia.

4. Agoda

Agoda asalnya dari Singapore, Agoda ialah situs pesan hotel nomor satu di negara Indonesia. Situs ini punya lebih dari 389.999 hotel untuk bisa di pesan, dan jumlah dari pelanggannya juga lebih dari 7 juta pelanggan.

Alexa Rank: 110 di negara Indonesia.

5. Groupon

Groupon memasuki Indonesia dengan mengakusisi situs daily deal Disdus pada tahun 2011, sampai waktu ini mereka masih menjadi yang diatas dalam bisnis ini. Pada ulang tahunnya yang ketiga lalu, Groupon Indonesia memamerkan bahwa mereka mempunyai catatan 499.999 pengunjung dan rata-rata transaksinya sebesar Rp 300 juta setiap harinya.

Alexa Rank: 181 di negara Indonesia.

6. Tiket

Tiket ialah salah satu situs travel terbesar yang ada di negara Indonesia. Situs ini memberikan pengunjungnya untuk membeli berbagai macam produk travel misalnya tiket kereta, tiket penerbangan, menyewa mobil, hotel, bahkan tiket konser. Menurut Jakarta Globe, Tiket pada saat ini sudah melayani lebih dari 2.999 transaksi dan mendapatkan Rp 2 miliar setiap harinya.

Alexa Rank: 175 di Indonesia.

Nah itu dia situs belanja online yang dapat kami buat, happy shopping, dan semoga bermanfaat.